- KENAIKAN YESUS YANG BERMAKNA DAN BERDAMPAK
- Wa qoma min al-amwat fi al-yaum ats-tsalits kama fi al-kutub
- PARADOKS SALIB KRISTUS
- AKU MENGATAKAN KEBENARAN DENGAN PIKIRAN YANG SEHAT
- Hal Ta\'rif al-Masih
- NARASI INJIL TENTANG KEMANUSIAAN YESUS
- ALLAH, BUNDA MARIA DAN YESUS: TRINITAS PALSU!!!
- Angel Temen Tuturanmu!!!
- Christ The Lawgiver
- SEKILAS AJARAN KESELAMATAN DALAM IMAN KRISTEN
Apa Saja Pokok Ajaran Kristen?
Artikel Terkait
Artikel Populer
- Spiritual Warfare
- En arche
- Selamat Merayakan Nuzul Kalimat Allah
- Apa Saja Pokok Ajaran Kristen?
- Almasih: Al-Quddus wa al-Barr
- Pancasila Dalam Sorotan Kitab Suci
- Dari Perayaan Paskah (Chag Ha Pesakh) sampai Perayaan Roti tak Beragi (Chag Ha Matsot)
- Almasih El Nose (Forgiving God)
- The Sonship of Jesus Christ
- Jesus The Word of God: Tanggapan Atas Tuduhan Sanihu Munir tentang Logos Neo Platonisme-Philo da
TANYA :
Sebenarnya pokok-pokok ajaran Kristen itu apa saja?
JAWAB :
Pertama harus dipahami lebih dulu bahwa ajaran Kristen berpusat pada Pribadi Kristus yang adalah Sang Firman yang menjadi manusia. Maksudnya, Yesus adalah puncak Pewahyuan Diri Allah dalam wujud manusia. Kedua, ajaran Kristen berpusat pada karya penebusan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus. Tentu kedua hal ini masih perlu dijabarkan lebih luas lagi guna mendapatkan pemahaman yang utuh tentang kekristenan.
Untuk memudahkan, anda bisa melihat seluruh rangkuman ajaran Kristen dalam Pengakuan Iman Nikea (Qanun al-Iman) yang merupakan pernyataan bersama dari seluruh Gereja pada abad keempat yang dilatarbelakangi oleh ajaran Arius, seorang pemimpin gereja pada masa itu yang dipengaruhi ajaran filsafat Neo-Platonisme. Ia mengajarkan bahwa Firman/Hikmat Ilahi berpermulaan alias diciptakan (makhluq).
Arius menyatakan: “Ada waktu dimana Firman Allah/HIkmat Allah pernah tidak ada”( كان وقت لم يكن فيه/ Kana waqtun lam yakun fihi). Tentu gereja menolak keras ajaran ini karena tidak sesuai dengan kebenaran Kitab Suci dan akal sehat. Kitab Suci tegas menyatakan bahwa Hikmat Allah sudah ada sejak semula (Yoh 1:1). Kedua, Hikmat Ilahi adalah eksistensi konkrit (Hypostasis) yang berada di dalam diri Allah. Seperti hikmat/akal pikiran manusia yang bereksistensi di dalam diri manusia sejak manusia itu ada, maka demikianlah Hikmat Allah eksis di dalam diri Allah tanpa diawali waktu. Allah itu kekal, karena itu kekal pula HikmatNya yang berdiam dalam diriNya.
Menyadari kesesatan ajaran Arius ini yang terus menerus dipropagandakannya di gereja-gereja, maka pemimpin-pemimpin gereja saat itu mengadakan muktamar akbar (konsili ekumenis) untuk membahas dan mengeluarkan pernyataan sikap terkait ajaran Arius.
Muktamar (Konsili) ini diadakan pada musim panas tahun 325 Masehi di Nicea, sebuah kota yang terletak di Turki. Pemimpin-pemimpin gereja dari seluruh dunia yang hadir pada waktu itu 318 orang. Dalam konsili itulah mereka menyatakan sikap berdasarkan pengkajian yang cermat atas Kitab Suci, yang kemudian dituangkan dalam butir-butir pengakuan iman yang terbagi menjadi tujuh bagian besar yakni:
- Keesaan Allah (Wahdaniyyatullah)
- Doktrin Ketritunggalan Allah (‘Aqidah Ats-Tsaluts al-Quddus)
- Doktrin Inkarnasi/Penjelmaan Sang Firman, Penebusan dan Keselamatan (‘Aqidah at-Tajassud, wa al-Fida’ wa al-khalash).
- Ajaran Baptisan untuk pengampunan dosa (‘Aqidah al-ma’mudiyyah li maghfirah al-khotoya).
- Ajaran adanya kebangkitan orang mati dan kehidupan yang kekal di dunia yang akan datang (‘Aqidah Qiyamat al-amwat wa al-hayat al-ukhro fi ad-dahr al-ati)
- Ajaran Kedatangan Kristus yang kedua kalinya untuk menjadi hakim (‘aqidah al-maji’ ats-tsaniy li al-Masih).
- Ajaran Tentang Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli (Al-Kanisah wahidah, al-muqaddasah al-jami’ah ar-rasuliyyah)
Pokok-pokok ajaran diatas yang dibahas dan kemudian ditegaskan dalam konsili Nikea 325. Walau ada beberapa perbedaan dalam aspek-aspek tertentu diantara denominasi kekristenan yang ada di dunia ini, tetapi di dalam asas ajaran pokoknya semua denominasi Kristen memiliki pengakuan yang sama seperti yang dinyatakan dalam pengakuan iman Nicea.
Nah, butir-butir ajaran diatas sudah merangkum inti ajaran Iman Kristen. Jadi kalau kita hafal isinya serta memahami pokok-pokok pikiran yang ingin disampaikan didalamnya, bisa dikatakan kita sudah mengerti seluruh ajaran fundamental iman Kristen. Berikut adalah pengakuan iman Nicea berikut sumber biblikalnya:
Aku Percaya akan satu Allah (Ul 6:4; Mark 12:29-32)
Bapa (Mat 5:48; 6:9; Mark 14:36; Luk 23:46)
Yang Maha Kuasa (Ayub 37:23; Mat 26:64).
Pencipta Langit dan Bumi (Kej 1:1; 14:19; Kis 4:24; Wah 10:6)
Dan segala sesuatu yang kelihatan dan tidak kelihatan (Kol 1:16)
Dan akan satu Tuhan Yesus Kristus {Kis 2:36; 15:11; Rom 5:1; 1 Tes 5:28; 2 Tes 3:18).
Putra Allah yang Tunggal (Yoh 1:14,18; 3:16-18)
Ia Lahir dari Bapa sebelum segala abad (Luk 1:35; Yoh 1:1-3)
(Firman) Allah (yang keluar) dari Allah, Terang dari (Sumber) Terang, dilahirkan tidak diciptakan, sehakikat dengan Sang Bapa (Ibr 1:3).
Ia turun dari surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita (Yoh 3:13).
Dan Ia menjadi daging oleh Roh Kudus, dari Perawan Maria dan menjadi manusia (Mat 1:18-25; Luk 1:35)
Ia pun disalibkan untuk kita pada masa Pontius Pilatus (Mat 27:26; Mark 15:15; Luk 23:24; Yoh 19:16).
Ia wafat sengsara dan dikuburkan serta bangkit pada hari ketiga sesuai Kitab Suci (1 Kor 15:3-4).
Ia naik ke surga (Luk 24:51); Kis 1:9-10).
Duduk di sebelah kanan Bapa (Mark 16:19; Kol 3:1)
Ia akan kembali dalam kemuliaan untuk menjadi hakim atas orang yang hidup dan yang mati (Roma 14:9; 2 Tim 4:1)
KerajaanNya tak berkesudahan (Luk 1:33)
Aku Percaya akan Roh Kudus, Tuhan yang menghidupkan (Yoh 14:26; 16:7-11; Kis 2:17; 2 Korintus 3:6).
Ia berasal dari Sang Bapa, yang serta Sang Bapa dan Putra disembah dan dimuliakan (Yoh 14:16; Rom 16:27; 2 Tim 4:18).
Ia berfirman dengan perantaraan para nabi (Ibr 1:1; 1 Pet 1:10-11).
Aku percaya akan Gereja Yang Satu (Yoh 17:21; Rom 12:5)
Kudus, Semesta/am dan apostolic/rasuli (Yoh 17:17,19; Ef 5:25-27; Mat 28:19-20).
Aku Mengakui satu baptisan akan pengampunan dosa (Kis 2:38; 22:16).
Aku menantikan kebangkitan orang mati (Kis 24:15; Rom 6:5; 2 Kor 4:14)
Dan kehidupan di dunia akan datang, Amin! (Yoh 3:16; 5:29; Yud 21; 2 Kor 1:20).
================
Teks Qanun al-Iman dalam bahasa Arab:
بالحقيقة نؤمن بإله واحد، الله الآب، ضابط الكل، خالق السماء و الأرض، ما يرى و ما لا يرى. نؤمن برب واحد يسوع المسيح، ابن الله الوحيد، المولود من الآب قبل كل الدهور، نور من نور، إله حق من إله حق، مولود غير مخلوق، مساو للآب في الجوهر، الذي به كان كل شيء. هذا الذي من أجلنا نحن البشر، و من أجل خلاصنا، نزل من السماء و تجسد من الروح القدس و من مريم العذراء. تأنس و صلب عنا على عهد بيلاطس البنطي. تألم و قبر و قام من بين الأموات في اليوم الثالث كما في الكتب، و صعد إلى السموات، و جلس عن يمين أبيه، وأيضًا يأتي في مجده ليدين الأحياء و الأموات، الذي ليس لملكه انقضاء.
نعم نؤمن بالروح القدس، الرب المحيي المنبثق من الآب. نسجد له و نمجده مع الآب والابن، الناطق في الأنبياء. و بكنيسة واحدة مقدسة جامعة رسولية. و نعترف بمعمودية واحدة لمغفرة الخطايا. و ننتظر قيامة الأموات و حياة الدهر الآتي. آمين
Salam Kasih Dalam Kristus
-ZoeLife-